Kamis, 17 Oktober 2013

Deskripsi

Merrysca Van Ginandra

WISATA BEDUGUL

Di Objek wisata Bedugul terdapat sebuah pura yang bernama pura di ulun danu yang terletak di pinggir danau beratan. Pura ulun danu di percaya sebagai tempat bersemayaman dewi sri atau dewi kesububuran. Lokasi objek wisata Bedugul terletak di desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti kabupaten Tabanan kurang lebih jaraknya 45 km  dari pusat kota kabupaten dan jaraknya dari kota Denpasar sekitar 50 km ke arah utara mengikuti jalan raya Pura tersebut  berada di tepi danau Beratan, nama Pura Ulun Danu diambil dari kata danau. Sejarah urian sejarah Pura Ulun Danu Beratan diketahui dari arkeologi dan data sejarah yang terdapat dalam lontar B
abad Mengwi. Di sebelah kiri halaman depan Pura Ulun Danu Beratan terdapat sebuah sarkopagus dan sebuah papan batu, yang berasal dari masa tradisi megalitik, sekitar 500 SM. Kedua artefak tersebut sekarang ditempatkan masing-masing di atas Babaturan atau teras diperkirakan lokasi di mana Pura Ulun Danu Beratan, telah digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ritual sejak jaman megalitik. Dalam lontar Babad Mengwi tersirat menguraikan bahwa I Gusti Agung Putu sebagai pendiri kerajaan Mengwi mendirikan Pura di pinggir Danau Beratan, sebelum beliau mendirikan pura taman ayun Dalam lontar tersebut tidak disebutkan kapan beliau mendirikan Pura Ulun Danu Beratan, namun yang terdapat dalam lontar itu adalah pendirian pura taman ayun yang upacaranya berlangsung pada hari Anggara Kliwon Medangsia tahun Saka Sad Bhuta Yaksa Dewa yaitu tahun caka 1556 atau 1634 M. Berdasarkan uraian dalam lontar Babad Mengwi tersebut diketahui bahwa Pura Ulun Danu Beratan didirikan sebelum tahun saka 1556, oleh I Gusti Agung Putu. Semenjak pendirian pura tesebut termasyurlah kerajaan Mengwi, dan I Gusti Agung Putu digelari oleh rakyatnya " I Gusti Agung Sakti". Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 4 komplek pura yaitu: Pura Lingga Petak, Pura Penataran Pucak Mangu, Pura Terate Bang, dan Pura Dalem Purwa berfungsi untuk memuja keagungan Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Tri Murti, guna memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia dan lestarinya alam semesta.


Intan Martha Dilla 

WADUK SELOREJO

Di malang banyak sekali yag dapat dilakukan untuk menikmati keindahan . Salah satunya ditempat wisata waduk selorejo . Wisata ini konon dulunya adalah sebuah pedesaan yang kemudian di gusur untuk dijadikan sebuah waduk .
                Waduk selorejo bertempat di kecamatan ngantang , desa banturejo , kab. Malang .
Jarak waduk selorejo dengan malang kurang lebih 60 km . waduk selorejo ini memiliki banyak sekali keindahan yang disajikan . Dengan tempat yang strategis yang dikelilingi oleh gunung membuat tempat wisata ini semakin indah pemandangannya .
                Waduk selorejo juga mempunyai ciri khas makanan yaitu ikan mujaer . Disana jika pengunjung ingin mendapatkan ikan hasil tangkapan sendiri , disana juga menyediakan tempat pemancingan .
Waduk selorejo ini juga menyediakan berbagai wahana yaitu seperti banana boat , kolam renang  dan perahu . Disini juga pengunjung dapat menemui sebuah kebun jambu di tengah-tengah waduk . Jika ingin pergi kesana pengunjung harus naik perahu dahulu dan selain agar cepat sampai disana pengunjung juga dapat menikmati pemandangan dan suasana selorejo di tengah-tengah waduk .

Marisa Novella 

TANAH LOT

                Tanah Lot adalah salah satu obyek wisata yang terkenal di Bali. Obyek wisata Tanah Lot berada di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan-Bali, sekitar 13 m barat Tabanan. Disebelah utara pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terleta di atas tebing yang menjorok e laut. Tebing ini menghubungkan Pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung)
                Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam. Turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat eindahan Sunset di sore hari. Banyak juga masyarakat seitar yang menjajahkan jajanan atau kerajinan khas Bali. Biasanya pada sore hari ada pertunjukan tari. Pura disana juga sering untuk sembahyang masyarakat sekitar ketika ada perayaan seperti Hari Raya Galungan & Kuningan.

Ning Wulan Ekasari

PANTAI BALEKAMBANG

Pantai Balekambang merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal dikehidupan kita.Balekambang terletak di Jawa Timur di kabupaten Malang.
Kurang lebih 30 km sebelah selatan kota Kepanjen atau 45 km sebelah selatan kota Malang. Di Pantai Balekambang juga terdapat Pura yang terletak sekitar 100m dari bibir pantai.
Pantai Balekambang terdapat banyak sekali terumbu karang dan aneka kerang yang tercampur dengan pasir pantai. Orang yang berjualan di sekitar pinggir pantai melengkapi keindahan Pantai Balekambang. jika sudah merasa puas di Balekambang, bisa jalan-jalan dan membeli oleh-oleh yang beraneka ragam di sekitar kawasan pantai Balekambang.

Decy Permatasari

KOTA WISATA BATU

Dengan ketinggian 800 meter diatas permukaan laut, Kota Batu merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi pada saat liburan, karena udaranya yang sejuk dan suasananya yang asri. Jika kita kesana, kita dapat menemukan berbagai tempat rekreasi yang menyenangkan, seperti Jawa Timur Park I, Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park, Batu Night Spectacular, Selecta, Pemandian Air Panas Cangar, dan masih banyak lagi.

 gb. Jawa Timur Park I

gb. Eco Green Park

Tempat-tempat wisata tersebut memiliki bermacam-macam wahana yang bisa diunggulkan di masing-masing lokasi. Jawa Timur Park I yang dikenal karena wahana-wahananya yang mendebarkan, Batu Secret Zoo yang dikenal karena disana terdapat satwa-satwa unik dan langka, Museum Satwa yang dikenal sebagai museum terbesar pertama di Jawa Timur, Eco Green Park yang dikenal sebagai tempat wisata berbasis edukasi, Batu Night Spectacular yang dikenal karena lampion-lampionnya yang unik, dan masih banyak lagi tempat wisata di kota ini. Hal ini yang kemudian membuat Kota Batu terkenal dengan sebutan Kota Wisata Batu.

0 komentar:

Posting Komentar